Strategi digital marketing Netflix

 

Perkembangan teknologi yang pesat di era digital dapat mengubah prilaku konsumen. Masyarakat dapat memilih untuk mengakses tontonan mereka di gadget mereka masing-masing. Seperti yang kalian ketahui salah satu applikasi streaming online yaitu netflix menjadi salah satu applikasi yang dipilih oleh masyarakat dunia. Para pengguna applikasi netflix bisa memilih program TV ataupun film kesukaan mereka yang sesuai dengan karakter ataupun lifestyle mereka.

Netflix pertamakali masuk ke Indonesia pada tahun 2006, untuk pilihan layanan netflix sendiri ada 3 jenis yaitu Basic,standard, dan premium. Perbedaan setap paketnya ditentukan oleh resolusi gambar pada film dan jumlah perangkat yang bisa mengakases akun tersebut secara bersamaan.

Dalam memperluas pasar metflix memilih startegi digital merketing. Menurut netflix melakukan pemasaran di era digital menggunakan strategi digital marketing lebih efektif dan efisien daripada menggunakan konvensional.

Netflix menggunakan berbagai cara digital marketing mulai dari owned media, earned media dan paid media. Strategi digital marketing owned media merupakan strategi digital marketing yang menggunakan media yang dimiliki perusahaan tersebut. Strategi ini dapat di kontrol oleh perusahaan langsung dan bersifat gratis. Seperti situs web, news latter ataupun sosial media yang mereka miliki dan yang membuat konten tersebut adalah perusahaan itu sendiri.

Newslatter yang dikirimkan netflix kepada para pengguna netflix.

Media sosial Instagram yang dikelola oleh perusahaan netflix

Strategi digital marketing earned media merupakan strategi melalui percakapan yang ada di media sosial, blog atau komunitas, saat ini earned media bisa juga karna influancer yang merekomendasikan mereka untuk membeli atau menggunakan applikasi,produk dan jasa perusahaan tersebut. Strategi ini dilakukan oleh para pengguna tersebut yang merekomendasikan kepada orang lain yang belum pengguna hingga akhirnya menjadi pengguna. Strategi ini bersifat gratis dan memiliki kredibilitas.

Media youtube menjadi salah satu tempat review film dari pengguna netflix

Strategi digital marketing paid media merupakan strategi melalui platforms yang dibeli oleh perusahaan untuk mengiklankan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Seperti google ads,facebook ads,instagram ads dan lain-lain. Strategi ini bersifat berbayar namun dapat mendapatkan pengguna lebih tinggi dibandingakan strategi lainnya.

Iklan Netfilx yang berada di applikasi youtube

Strategi digital yang paling efektif untuk digunakan adalah paid media, paid media dapat mencakup jaringan iklan lebih besar ketimbang owned dan earned media. Walaupun paid media berbayar tetapi kita memiliki peluang untuk mendapatkan pengguna baru lebih banyak.Contohnya netflix menggunakan paid media, netflix memasang iklan di youtube dan instagram disaat iklan tersebut bermunculan berkali-kali di akun tersebut orang akan penasaran dengan apa yang di iklankan oleh media sosial tersebut dan akhirnya akun tersebut mengunjungi netflix, jika tertarik dengan applikasi tersebut maka ia akan melakukan pembayaran untuk bisa mengakses aplikasi tersebut dan menjadi pengguna netflix.

 

Sumber :   https://www.coursehero.com/file/45209907/Netflix-Digital-Marketing-Final-Versdocx  

https://marketing.co.id/netflix-berbayar-tapi-tetap-diminati/

Nama : Nisrina Hasna Safardianti 

NIM : 1502194038 

Kelas : KM-43-DM-03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *